Pages

Subscribe:

Senin, 05 Maret 2012

Lawan Persija, Konsentrasi Jadi Kunci Persela

LAMONGAN - Persela Lamongan membutuhkan konsentrasi tinggi kala menjamu Persija Jakarta di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (9/6/2011) nanti malam. Konsentrasi menjadi problem serius tim berjuluk Laskar Joko Tingkir belakangan ini.

Merekam dua pertandingan sebelumnya kontra Persipura Jayapura dan Arema FC, konsentrasi tim asuhan Subangkit amburadul. Ironisnya, kendornya konsentrasi merata dari sektor depan hingga lini pertahanan. Jika itu terjadi lagi, maka bencana bakal kembali menghampiri Persela.

Pertahanan tim biru laut kecolongan dengan sepele saat kalah tipis dari dua raksasa tersebut. Kondisi diperparah hilangnya libido membobol jala lawan. Semua striker yang telah dimainkan, tak satu pun bisa menembus kebuntuan. Subangkit pun pantas panik.

“Ini pertandingan kandang yang sepatutnya bisa dimenangkan. Saya tak ingin melihat pemain hilang konsentrasi seperti sebelumnya. Secara umum tim tak ada perubahan besar, hanya saja kita butuh perbaikan secara non teknis (konsentrasi),” tutur Subangkit.

Selain membenahi konsentrasi pemain, Subangkit juga dihadapkan problem cedera Radouanne Barkaoui dan Kim Young Han. Jika belum bisa diturunkan, maka harapan satu-satunya hanya pada Zulham Zamrun, karena penyerang lain performanya kurang menjanjikan.

Sebuah kemenangan bakal sangat berarti bagi Laskar Joko Tingkir. Selain menjaga posisi di papan klasemen Indonesia Super League, juga untuk memperbaiki kepercayaan diri tim. Performa yang menanjak di putaran dua, musnah dengan dua kekalahan beruntun.

Berbicara calon lawan, Subangkit tak menaruh perhatian khusus. Ia melihat hampir semua pemain yang dimiliki Macan Kemayoran mempunyai potensi merepotkan. Dengan kekuatan yang merata, Subangkit mengakui timnya masih kalah mentereng dibanding calon lawan.

“Persija tetap tim yang dipenuhi pemain bintang. Apalagi sekarang mereka ditangani Rahmad Darmawan dan berada di papan atas. Sulit untuk bisa memenangkan pertandingan, tapi saya yakin tak mustahil mengalahkan Persija,” sambung Subangkit.

Di laga ini, Mustafic Fachrudin bisa dimanfaatkan untuk membocorkan karakter permainan mantan timnya. Ya, sebelum berkostum Persela, musim lalu gelandang bertahan asal Singapura ini sempat memperkuat Persija Jakarta dan hafal karakter beberapa pemain yang masih bertahan di sana.

Terpisah, arsitek Persija Rahmad Darmawan (RD) juga membutuhkan progres penampilan untuk bisa mengambil minimal satu poin di Surajaya. Dirinya mengakui kemenangan tipis 1-0 saat menghadapi Pelita Jaya tak sepenuhnya mewakili pernampilan di lapangan.

Ia melihat ada sejumlah pemain yang masih kedodoran, baik secara fisik maupun kedisiplinan. “Butuh perbaikan. Kita menang di pertandingan sebelumnya, tapi bukan berarti di Lamongan lebih mudah. Justru ini jauh lebih sulit,” tutur RD.

Mantan pelatih Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC ini melihat kegelisahan Persela menjadi tanda bahaya bagi timnya. Bisa jadi tuan rumah bakal tampil habis-habisan untuk membayar lunas dua kekalahan sebelumnya. Kekalahan itu juga dinilai RD bukan karena Persela buruk.

“Persela kalah dari tim-tim besar. Persoalannya bukan karena mereka main jelek, tapi lawan yang dihadapi memang bagus. Saya akan menginstruksikan agar pemain selalu disiplin, karena hampir semua tim kesulitan meraih angka di Surajaya,” lanjutnya.

Persija sangat berambisi mendapatkan angka sempurna untuk mengamankan posisi sebagai runner up ISL. Kendati saat ini masih nangkring di posisi kedua, tapi tim lain di bawahnya seperti Arema FC dan Semen Padang berpeluang menyalip.

Prakiraan Formasi Pemain:

Persela Lamongan (4-3-3): I Komang Putra (gk), Jainal Ichwan, Fabiano Beltrame, Charis Yulianto, Dedi Indra (belakang), Jimmy Suparno, Mustafic Fachrudin, Gustavo Lopez (tengah), Aris Alfiansyah, Zulham Zamrun, Feru Ariawan (depan).

 Persija Jakarta (4-2-2): Hendro Kartiko (gk), Leo Saputra, Eric Bayemi, Precious, Ismed Sofyan (belakang), M Ilham, Oliver Makor, Tony Sucipto, M Nasuha (tengah), Bambang Pamungkas, Greg Nwokolo (depan). (Kukuh Setiawan/Koran SI/acf)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com