Pages

Subscribe:

Senin, 05 Maret 2012

Uji Kesaktian Fantastic Four Deltras

PEKANBARU - Langkah Deltras Sidoarjo hingga menduduki puncak klasemen sementara tak lepas dari kontribusi trio Brazil, Danilo Fernando, Christiano Lopez dan Marcio Souza. Plus satu pemain domestik, Ferry Aman Saragih.

Keempatnya pantas dijuluki "Fantastic Four" di dua pertandingan awal Djarum Indonesia Super League (DISL) 2010-2011. Pergerakan mereka terbukti menyisakan kerusakan berat di pertahanan Sriwijaya FC maupun Persib Bandung.


Pertanyaannya, masihkah itu berlaku di luar kandang? Tak terlalu lama mendapatkan jawabannya. Menantang tuan rumah PSPS Pekanbaru di Stadion Rumbai Sabtu (16/10/2010) sore, bakal menjadi uji kesaktian sebenarnya empat jagoan The Lobster tersebut.

Pelatih Deltras Mustaqim kembali bakal menagih kontribusi keempatnya di laga tandang pertama musim ini. Kendati malu-malu mengakui dominasi sang Fantastic Four di timnya, Mustaqim ingin keempatnya mengulangi kegemilangan di Stadion Rumbai.

"Komposisi tim saya pertahankan dan yang terpenting adalah berusaha tidak kebobolan. Syukur-syukur kalau bisa mencetak gol. Ini pertandingan pertama di luar kandang dan kita tetap harus waspada. Tapi saya yakin dengan kemampuan tim," ujar Mustaqim dihubungi kemarin.

Soal calon lawan, Mustaqim mengaku belum mengetahui detil kekuatan tim berjuluk Asykar Bertuah. Selain berkomposisi pemain-pemain baru, PSPS juga baru bertanding sekali menghadapi Persija Jakarta di kandangnya dengan hasil imbang 1-1.

Angka tersebut memantik optimisme The Lobster untuk minimal menimba satu poin di stadion yang bernama Kaharuddin Nasution. Minimal itu menunjukkan tim asuhan Abdul Rahman Gurning belum mapan walau bertanding di kandang.

Mempertahankan pola 3-5-2, kemungkinan ada perubahan di lapangan tengah. Tugas gelandang bertahan Sutikno yang masih bermasalah dengan engkelnya, bisa diperankan Park Chan yang sudah mendapatkan pengesahan dari PSSI.

Park Chan sendiri adalah pemain versatile alias serba guna, karena bisa menempati sejumlah posisi sekaligus. Dengan demikian Park yang bertipe pekerja keras bakal bersanding dengan Danilo Fernando dan Ferry Aman Saragih di sektor tengah.

Pola yang dipakai Mustaqim terlihat sangat ampuh untuk melakukan serangan balik. Saat melakuakn serangan balik, tiga pemain bisa tiba-tiba masuk jauh ke pertahanan lawan yakni Marcio Souza, Christiano Lopez, sekaligus Ferry Aman Saragih sebagai jangkar.

Strategi itu bakal kembali dipakai saat menghadapi PSPS. Dua bek sayap Anang Ma’ruf dan Khoirul Mashuda tidak akan terlampau naik menyerang, namun tetap efektif membantu pertahanan. Penyerangan cukup dibebankan kepada Fantastic Four.

Sementara, Manajer Deltras Ayu Sartika Virianti berkata, hasil positif di Pekanbaru akan menentukan langkah Deltras selanjutnya. Apalagi di tandang kedua nanti, The Lobster bakal menghadapi tim yang jauh lebih tangguh, Persija Jakarta.

"Saya menekankan kepada pemain pentingnya pertandingan ini. Jika berhitung kualitas lawan, kesempatan mendapatkan poin lebih terbuka di Pekanbaru dibanding saat menghadapi Persija. Jadi saya ingin pemain semaksimal mungkin," tutur Ayu.

Prakiraan Formasi Deltras:

Yanuar Fernanda (gk), Mujib Riduan, Bejo Sugiantoro, Steve Heskeith (belakang), Khoirul Mashuda, Danilo Fernando, Park Chan, Ferry Aman Saragih, Anang Ma’ruf (tengah), Christiano Lopez, Marcio Souza (depan)
(Kukuh Setiawan/Koran SI/van)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com